Perbedaan Free CMS dan Commercial CMS

Juli 10, 2009 § 1 Komentar

cms_exemplesSebagai gambaran, secara umum saat ini tersedia 2 macam CMS berdasarkan tipe lisensinya, yakni CMS dengan lisensi open source (gratisan) dan Commercial License (berbayar).

CMS Komersial.

Dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan software yang menjalankan usahanya dengan motif mencari keuntungan. CMS jenis ini memiliki dan menyediakan hampir semua feature yang diharapkan dari sebuah CMS dan tentu saja tidak tersedia secara gratis. Setiap pengguna yang ingin memanfaatkan CMS komersial untuk mengelola website-nya haruslah membeli lisensi dari perusahaan pembuatnya.

Lisensi yang tersedia sangat bervariasi, mulai dari lisensi yang berdasarkan kepada jumlah pengguna sampai kepada lisensi yang sifatnya multiserver dan dari yang berharga ratusan dollar AS sampai kepada jutaan dollar AS. Semua dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan implementasi yang diharapkan oleh pengguna.

Sebagai layanan purna jual, biasanya penyedia CMS akan memberikan pelatihan dan dukungan teknis berkelanjutan kepada para penggunanya. Tidak hanya itu, versi terbaru dari produk yang dipakai juga dapat diperoleh dengan leluasa, dengan cara mengunjungi area anggota dari website penyedia CMS yang dimaksud.

CMS Open Source.

Dibuat dan dikembangkan oleh sekelompok orang atau perusahaan yang intinya memberikan sebuah alternatif murah dan terjangkau kepada para pengguna. Tersedia secara gratis dan dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan tanpa ada batasan. CMS jenis ini juga memberikan akses kepada penggunanya akan kode-kode pemrograman, sehingga memudahkan pengguna untuk memodifikasi CMS di masa-masa yang akan datang. « Read the rest of this entry »

nyubie CSS(cascading style set)

Maret 31, 2009 § Tinggalkan komentar

hoammm… bosen di kamar sendirian… ga da tv lagiii… tv gw diangkut ke kamar adek yang tiap hari kerjaannya nonton mlulu.. hhaahy. dulu sihh kamar gw da tv nya.. but karena itu kamar gw pasti ada barang” tambahan (barang adek gw mksdnya) n pasti brantakan bgt.. jadi untuk mengurangi kerjaan gw dalam hal bersih” jadi yaaa gt gw relain tv kesayangan gw bwat dya.. huff

weks kug jadi curhat gini yaww.. langsung jja masuk ke judul yg ada di atas…. CSS!!! yup.. gw ada berberapa hasil eksperiment utak-atik css di dreamwever..hhaha nyoba satu” mksdnya(gw msih “cupu” kk..)..hhi… dari pada nganggur ga jelas, btl kgak..:D sebelum masuk ke cara” yg gw punya.. gw cuma mw ngingetin lagi kalo gw masih nyubie so kalo ada yg “geje” yaa maklummin ajee…. syukur” mw mbenerin..hhaahy. n satu lagi (bold)hahah.. gw kali ini mandang kalian pada udah kenal ama CSS… kalo blum ya knalan dulu gihh.. mlez gw jlasin mulain awall.. hhha (/bold)

(!—mulai kasih info, tapi bertahap yaa… kalo ada waktu gw update lagi..hhih–!) 😛

1. background ->  dari namanya juga jelas printah bwat apaan ini..:D..Langsung aja gw coba jlasin..
Contoh : (style) div {background: url(images/logocss.gif) #FFFFFF left no-repeat;} (/style)
Penjelasan :
– url(images/logocss.gif) -> tempat dimana lu taruh gambar yg pengen dbwat background.. pada contoh ini saya menempatkan di folder images n pake gambar=logocss.gif
– #FFFFFF -> warna background yg gw gunain setelah gambar – left -> posisi gambar yg gw pengen
– no-repeat -> perintah untuk tidak mengulangi gambar yg sama…

2. border –> bwat kasih garis tambahan sesuai yang kita inginkan..
Contoh : (style) img {border:#666666 1px dotted;} (/style)
Penjelasan :
– #666666 -> warna garis yg di pake – 1px -> ketebalan garis yg di pake juga (untuk ini gw pake satuan pixel)
– dotted -> bentuk garis yang gw pengen
3. cursor -> bwat ganti bentuk pointer yang kita gunakan waktu bwat web.
Contoh : (style) body {cursor: crosshair } (/sryle) ->  lu bisa pilih variasi bentuk yg tersedia..

Trik : Jika lu pengen ganti bentuk cursor kalian sesuain bentuk gambar cursor yg kalian punya… misalnya gw punya cursor pake nama panah.gif n di folder images, nah lu bisa pake cara ini….. tapi kayaknya ada browser yg ga nyupport cara ini… 😀
(style) body {cursor: url(images/panah.gif } (/sryle)

4. float –>> perintah ini bisa digunain bwat ngedit posisi gambar dalam suatu paragraph
Contoh : (style) img {float:right} (/style)
5. margin –> bwat kasih jarak antara satu objek/teks ke lainnya sesuai dari angka yg dimasukin..
misalnya: (style) p {margin: 10px 0 5px 5px} (/style) –>atas, kanan,bawah.kiri

nih gw kasih satu conto dah… bwat script”/tag”/code” css yg laennya lu coba sendiri” yee.. inti dari tulisan gw ini kan cuma bwat kasih tw sedikit kgunaan dari beberapa tag” di css ajee.hhaa

Bikin menu standart –>> biasa pake si “ul” n “li”… hhahay

<html>
<head>
<style type=”text/css”>
ul{
float:left;
width:100%;
padding:0;
margin:0;
list-style-type:none;
}
a{
float:left;
width:100px;
text-decoration:none;
color:#000000;
background-color: #CCCCCC;
padding:2px 6px;
border-right:1px solid white;
}
a:hover {background-color: #FFCC00}
li {display:inline}
</style>
</head>
<body>
<ul>
<li><a href=”#”>Link satu</a></li>
<li><a href=”#”>Link dua </a></li>
<li><a href=”#”>Link tiga </a></li>
<li><a href=”#”>Link empat </a></li>
</ul>
</body>
</html>

Buka window baru dengan fullscreen

Juni 18, 2008 § 3 Komentar

Enak2 nyantai garap tugas dari kantor, hp q ngedering klo ada sms baru yang masuk. Langsung aja gw buka sapa tw ada yang penting. eeehhh, ternyata adek klas q nanya masalah html (ini sich bukan html dek, udah javascipt kalii!! 😀 ). Masalah nya yaitu dy kepingin kalo link punya dya kalo di klik bisa ngebuka halaman tujuan tp fullscreen, ga ada toolbar, statusbar, addresbar, dkk pokoknya dy minta nya halaman itu full dech hasil nampilinnya).

Agak kelabakan juga sich, waktu gw bales ” kalo pilih menu view->fullscreen gmn?”. Ternyata dy kagak mw, minta jawaban itu tepat sama masalah yg dia hadapi. Mmmm, gw langsung aja coba nanya ama om GOOGLE.
klik sana klik sini akhirnya gw nemu yg paling bagus dan mudah.

Nama file dibawah yaitu full.html

<html><head>
<script type=”text/javascript” language=”JavaScript”>
function FullScreen(){
this.moveTo(0,0);
resizeTo(screen.availWidth,screen.availHeight);
}
function EvenFullerScreen(){
window.open(“full.html”,”Aaarrgh”,”fullscreen “);
}
</script>
<title>FullScreen</title>
</head>
<body onLoad=”FullScreen();”>
<p><a name=”a”>Press</a> Pincet Alt-F4 bwat nutup tu halaman!!.</p>
<p>Or get even more
<a href=”#a” onClick=”EvenFullerScreen();”>annoying</a>.</p>
</body></html>

Nah stelah lo comot tu smua script, lo save, n coba!! OK:D

Tip Membasmi Virus

April 12, 2008 § 1 Komentar

Membasmi virus tanpa antivirus? Gimana caranya tuh?
Simak langkah-langkah umum berikut dalam membasmi virus:

1. Nonaktifkan System Restore.

Fasilitas System Restore pada Windows berguna untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidak kembali rusak, matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan
centang bagian Turn off System Restore on All Drive.

2. Matikan proses virus.

Bagaimanapun caranya, matikan proses virus. Biasanya proses virus memiliki ikon berupa folder atau dokumen MS Word. Gunakan aplikasi seperti Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer Machine, dan sebagainya.

3. Pulihkan registry.

Pulihkan registry yang telah diotak-atik oleh virus. Jika tidak, maka virus dapat menginfeksi komputer Anda lagi. Gunakan Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine. Hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.

4. Hapus file-file virus.

Gunakan fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus.

5. Munculkan file-file yang disembunyikan virus.

Virus pada umumnya tidak begitu kejam dengan menghapus dokumen-dokumen kita. Biasanya file-file tersebut hanya disembunyikan. Gunakan perintah attrib -s -h <nama_file_anda> pada Command Prompt untuk memunculkannya kembali.

6. Saran terakhir untuk pencegahan.

Hati-hatilah saat melakukan transfer data baik melalui disket, USB Flash Disk, maupun dari jaringan.
Tunjukkan file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer. Selain itu, jangan mudah tergoda oleh file-file dengan nama yang menggoyahkan iman.

Sidik Jari Virus

Virus, dan juga file-file lain, ternyata juga memiliki sidik jari. Namanya adalah CRC32 (Cyclic Redudancy Check). Nilai checksum untuk CRC ini unik untuk setiap file. Dengan demikian kita dapat mengenali apakah sebuah file merupakan virus atau bukan melalui CRC ini. Salah satu contoh antivirus yang menggunakan teknik pengenalan CRC ini adalah WAV yang bisa diunduh dari virologi.info/download.

Source : http://finderonly.com/

Mengganti warna pada scrollbar

Februari 20, 2008 § 2 Komentar

Lagi asyik-asyik surfing ke klik-kanan.com, aq nemuin tutorial web yang bwat para newbie kayak aq tu good banget. Tutorial ini termasuk style web ato yang biasa di kenal CSS (Cascading Style Sheet) bwat mempercantik scroolbar web q-ta agar lebih cantik, :D. Berikut script nya:

<style>
BODY {
SCROLLBAR-FACE-COLOR: #b8860b;
SCROLLBAR-HIGHLIGHT-COLOR: #dfc88f;
SCROLLBAR-SHADOW-COLOR: #b8860b;
SCROLLBAR-3DLIGHT-COLOR:#dfc88f;
SCROLLBAR-ARROW-COLOR: #dfc88f;
SCROLLBAR-TRACK-COLOR: #b8860b;
SCROLLBAR-DARKSHADOW-COLOR: #dfc88f;
}
</style>

Kamu dapat nempatin script CSS itu diantara <HEAD>CSS script</HEAD> ato di <BODY>CSS script</BODY> web kamu. Script yang warnanya biru tebal itu adalah script bwat ganti warna scroolbar, kamu juga dapat mengubah-ubah script warna itu menurut selera dan kreativatas. :D.

Menyembunyikan FILE Rahasia Kedalam GAMBAR

Februari 20, 2008 § Tinggalkan komentar

Apakah anda pernah mempunyai file rahasia yang ingin anda kirimkan kepada orang lain? Ada begitu banyak program proteksi file yang bisa anda dapatkan di Internet. Namun ada begitu banyak cara untuk menembus proteksi program-program tersebut.

Saya akan membagikan sedikit tips bagi anda untuk menyembunyikan file rahasia milik anda ke dalam sebuah file gambar. Sebelumnya pastikan bahwa pada komputer anda telah terinstall WinRar

1. Settinglah windows anda agar menampilkan ekstensi file. Bukalah Control Panel lalu klik 2X pada Folder Options. Masuklah ke tab View lalu hilangkan tanda centang pada opsi �Hide extensions for known file types�

folder option

2. Persiapkan File rahasia anda (ekstensi file terserah), misalnya memiliki nama video_rahasia.avi dan sebuah file gambar (*.bmp, *.jpg, *gif) misalnya dengan nama pemandangan.jpg. Simpanlah kedua file tersebut dalam sebuah directory yang sama.

3. Klik kanan pada file video_rahasia.avi lalu pilih menu [Add to �video_rahasia.rar�]. Akan tercipta file baru dengan nama video_rahasia.rar

rar

4. Sekarang bukalah aplikasi NOTEPAD (start -> Run ketik NOTEPAD) lalu ketik script berikut:

@echo off
ren video_rahasia.rar video_rahasia.avi.rar
copy /b pemandangan.jpg+video_rahasia.avi.rar hasil.jpg
del video_rahasia.avi
del pemandangan.jpg
del video_rahasia.avi.rar
del hide.bat

Ingat!! Sesuaikan nama-nama file pada script diatas dengan nama file anda (kecuali hide.bat). Perhatikan juga pada baris berikut:

ren video_rahasia.rar video_rahasia.avi.rar

Format penulisan: Ren namafileanda.rar namafileanda.ekstensisebelumnya.rar

Jadi, jika misalnya file anda sebelumnya adalah rahasia.exe dan setelah di rar menjadi rahasia.rar, maka penulisannya adalah:

Perhatikan juga pada nama file hasil.jpg. Ubahlah hasil.jpg menjadi hasil.ekstensi_file_gambar_anda. Jadi, misalnya file gambar yang anda pergunakan untuk menyembunyikan file rahasia nantinya adalah pemandangan.gif, maka ubahlah hasil.jpg menjadi hasil.gif

Well, Simpanlah file ini pada lokasi yang sama dengan file-file anda tadi. Klik [File] [Save] lalu pada form isian File name ketik hide.bat Sedangkan pada Save as type pilih �All files�. Klik [Save] sesudahnya.

5. Tutup semua jendela program yang tebuka. Sekarang bukalah folder tempat anda menyimpan semua file-file tadi. Dobel klik pada file hide.bat. Tunggu hingga sekelebat bayangan windows command processor tampil. Jika berhasil, semua file pada folder tersebut akan hilang digantikan dengan sebuah file baru bernama hasil.jpg

Cobalah anda buka file hasil.jpg. Sekilas tidak akan ada bedanya dengan file pemandangan.jpg milik anda kecuali ukuran filenya yang bertambah besar. Anda tetap bisa membuka file tersebut dengan Picture Editor atau Image Viewer kesayangan anda. Tidak ada tanda-tanda bahwa sebenarnya ada rahasia besar didalamnya hehehe.. 😉

Lho, lalu dimana file rahasia saya?? Tenang, jangan panik!! Klik kanan pada file hasil.jpg lalu pilihlah [Open With] –> [Choose Program..]. Pilihlah WinRar lalu klik [OK].

zip

Nah, file rahasia anda akan tampil di hadapan anda. Anda bisa meng extract file tersebut sebagaimana anda meng extract file rar pada umumnya.

Disinilah sebenarnya inti dari persembunyian kita. Coba anda pikirkan, dalam kondisi wajar, adakah orang yang membuka file gambar dengan aplikasi file compressor?? Pernahkah terlintas dalam pikiran anda akan membuka gambar-gambar pemandangan dengan menggunakan WinRar?? Tentu tidak bukan?? Tentunya orang pada lazimnya akan membuka file gambar dengan aplikasi olah gambar atau image viewer. Nah, dengan memanfaatkan psikologi ini maka setidaknya file anda akan tersembunyi dengan aman 😉 Kini anda bisa mengirimkan file rahasia tersebut kepada orang yang anda maksud dengan tenang. Tentunya jangan lupa untuk memberitahu rekan anda tersebut mengenai cara membukanya 😉

by: SpyroKid

Trick Search Engine Google [bag2]

Februari 20, 2008 § Tinggalkan komentar

Ingin mengetahui cepat di mana posisi website anda dalam search engine google? Tidak memakai tool apa-apa hanya url singkat: http://www.google.com/ie?q=&num=100

Anda akan di bawa ke halaman google khusus, tanpa iklan. Langsung amsukkan kata kunci yang ingin anda cari. Dengan url ini google akan menampilkan pencarian berupa list, berisi judul halaman masing-masing website yang terindex.

Kalau website anda berada dalam urutan 100 besar, dengan mudah anda akan menemukannya. Kalau belum ada, klik next, seterusnya. Jangan lupa, buka website anda, supaya lebih mudah, karena warnanya akan berbeda, link visited.

selamat mencoba.

Where Am I?

You are currently browsing the Tips and Trick category at blognya ianjuve.