Kumpulan tutorial Mikrotik

Juni 15, 2008 § 4 Komentar

Ini gw share tutorial2 mikrotik n winbox yang rencananya akan ke sedot ke hardisk gw. :)) Ntu tutorial hasil gw browsing dari website, blog, milis, chat, dsb. Sebenarnya sich tu tutorial udah banyak orang yang udah post,tp ga pa2 yee biar nambah tulisan di blog ini. πŸ˜›

Tutorial, modul, bacaan dll ttg Mikrotik.

Semua tentang Win Box.

Special Thanks forΒ  http://jaylangkung.com

Membuat User Management

Juni 15, 2008 § Tinggalkan komentar

Gw jg barusan nyoba bwat userman di mikrotik, bwat konfigurasi user di hotspot kita2. Pertama sich minta ampun susahnyeee, biasa “nyuwbie” gitu. Ini sekiranya langkah2 bwat bikin userman yang gw comot di blog/website nya om yoyok ,sekalian share berantai gt. πŸ˜›

1. Langkah pertame yang elo bakal lakukan ntu bwat scriber (nambah user hotspot) //
Ketik teks bahasa mikrotik seperti di bawah. πŸ˜›

/ tool user-manager customer add login="MikroTik" password="qwerty" permissions=owner

” Udah di ketik kk, sok atuh ditulis n di fahami ye. Jangan kayak gw ye cuma copy-paste. πŸ˜› ”

2. Tambahin router kita ke localhost begitulah intinyA.

/ tool user-manager router add subscriber=MikroTik ip-address=127.0.0.1 shared-secret=123456

3. Kalo udah sok ketik http://iprouterkamu/userman bwat nyoba userman yg hbs loe bwat.
Contoh : http://192.168.100.4/userman

NB : Klo cara2 ntu kagak berhasil gw saranin lo coba ke OS yang beda ama punya Kompi lo yang barusan nyoba ini. Misalnya loe pada waktu nyoba ini pakae Ubuntu trus kagak berhasil2. Nahhh.. sebagai pencerahan dari riset yang gw ama tim2 lakukan “COBALAH DI LAIN OS SEPERTI WINDOWS XP, MAC OS, dkk”.

Setting Awal Mikrotik

Juni 14, 2008 § Tinggalkan komentar

Sorryy kk gw kagak pernah nulis di blog ini, 2 bulan yang lalu. Sok sibuk sich, mentang2 udah banyak tgs magang. πŸ˜› . Nich guwa punya setitik tutorial tentang mikrotik, habis gali2 lubang ilmu di ICT Jakarta. :D. Langsung aja yee belajar mikrotiknyA, klo ada yang kurang PLIS di ingetin\!! <nyuwbie bgt nich kk>.

Sebelum kamu bisa masuk ke menu konfigurasi mikrotik, ketik dulu username ke super user/ administrator/ Kasta teringginye mikrotik trus masukin passwodnya. Default nya sich username=admin & password=<kosong>

1. Ganti Password Default

Ketik password <enter> masukkan password lama <enter> masukkan password yang baru <enter> ketik lagi password yang barunya <enter>

    [admin@Mikrotik] > password
    old password: *****
    new password: *****
    retype new password: *****
    [admin@ Mikrotik]]>


2. Ganti nama Hostname

Yang kedua yaitu bagaimana carnya kita merubah/mengganti nama Mikrotik. Pada Kali ini saya akan coba ganti dengan nama “ianrouter”

 [admin@Mikrotik] > system identity set name=ianrouter
 [admin@routerku]>

3. Setting IP Address

– Ketik sciprt ini bwat nambah ip address

ip address add address ={ip address/netmask} interface={nama interface}


Begitulah secuil ttg konfg di mikrotik. Gw udah ngantuk nich man, secara gitu udah jam 3 pagi!! Ketemu lagi aja dech ditulisan selanjutnyee !!

Where Am I?

You are currently browsing the Nyubbie Mikrotik category at blognya ianjuve.